Bawaslu Selayar Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas dan Kesekretariatan

Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimtek bagi Panwaslu Kecamatan.

KepulauanSelayar- Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Selayar menggelar Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM Pengawas dan Kesekretariatan bagi Panwaslu Kecamatan di Rayhan Square Hotel Jl. Jend. Ahmad Yani No. 65 Benteng, Rabu (12/2/2020).

Acara ini dibuka dengan resmi oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dan dihadiri 33 orang peserta yang terdiri dari Ketua, Kordiv SDM dan Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan se Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dalam sambutannya sebelum membuka acara, Koordinator Divisi Organisasi dan Keuangan Bawaslu Sulsel, Hasmaniar Bachrun, S.Pi mengatakan bahwa peningkatan kapasitas SDM menjadi penting sebab Panwaslu Kecamatan dalam melaksanakan tugasnya akan banyak berinteraksi dengan pihak luar, dan untuk itu diperlukan kemampuan yang mumpuni.

“Ada tiga hal penting yang harus dimiliki oleh teman-teman Panwaslu Kecamatan. yang pertama, Panwaslu Kecamatan harus mampu melakukan komunikasi yang efektif dan efisien. Yang kedua, dalam pengambilan keputusan ataupun dalam tindakan tidak boleh emosional. Dan yang ketiga, wajib memiliki kemampuan interpersonal,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kepulauan Selayar, Suharno, mengatakan bahwa dengan telah terbentuknya kesekretariatan Panwaslu Kecamatan maka perlu dilakukan pembinaan sebagai upaya menyatukan persepsi sehingga tercipta hubungan yang harmonis antara pengawas dan kesekretariatan.

“Teman-teman di Kecamatan ini kan ada yang baru bergabung sebagai pengawas, demikian pula di sekretariatnya. Maka perlu kita lakukan pembinaan, agar masing-masing dapat saling memahami tugas pokok dan fungsinya, sehingga dapat terwujud kerjasama yang baik antara Pengawas dengan kesekretariatannya yang dalam hal ini bertugas memberikan dukungan administratif dan teknis operasional,” pungkasnya.

Acara dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari dengan metode ceramah dan tanya jawab.

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 01 Maret 2019
Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manuasi
Waktu:
Jumat, 01 Maret 2019
Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia
Waktu:
Jumat, 01 Maret 2019
Peningkatan Sumber Daya Manusia Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Selayar di Rayhan Square Hotel
Waktu:
Kamis, 28 Februari 2019
Pembinaan SDM, Pengawasan dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Selayar di Rayhan Square Hotel

Video Bawaslu