Jelang Pilkada Serentak 2020, Bawaslu Gelar Rakornas

Foto bersama tiga Pimpinan Bawaslu Kabupaten Selayar, Suharno, S.H., Nurul Badriyah, dan Abdul Kadir, S.T.
 
 
#SahabatBawaslu- Pimpinan Bawaslu Kepulauan Selayar mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Persiapan Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota Tahun 2020 di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Kamis 24/10/2019).
 
Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Pemantapan Program Kerja Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Kabupaten/Kota TA 2020 dalam rangka mempersiapkan dan memantapkan jajaran aparatur pengawas dalam mengawal dan mengawasi penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020.
 
Dalam Rakornas yang diikuti para Pimpinan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia, Anggota Bawaslu, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, politik hukum pemilu yang mengubah Panwaslu tingkat kabupaten/kota menjadi Bawaslu yang telah permanen sudah tepat.
 
"Dengan bangga mengatakan, keputusan politik hukum pemilu telah tepat dalam mempermanenkan Bawaslu kabupaten/kota," ujarnya.
 
Dewi menambahkan, banyak pihak yang tidak berkenan dengan keberadaan Bawaslu kabupaten/kota yang permanen.
 
"Tetapi, Pemilu serentak 2019 yang pertama kali serentak bisa berjalan dengan sukses dan damai, salah satunya karena permanennya Bawaslu Kabupaten/Kota," imbuhnya.
 
Sementara itu, Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu, Rahmat Bagja mengungkapkan, pengawas pemilu bisa menjadi hakim pemilu di masa mendatang.
 
"Pengawas pemilu itu ya hakim pemilu," ungkapnya.
 
Untuk menjadi hakim pemilu, lanjutnya, pimpinan bawaslu tingkat kabupaten/kota harus memiliki kemampuan membaca, menganalisis, menulis, dan memutuskan kasus hukum pemilu. Karena itu, Ia berkeyakinan, hakim memiliki keharusan menjaga keadilan pemilu, sedangkan kata adil baginya adalah keharusan dalam kehidupan manusia.
 
###
Sumber: bawaslu.go.id

Informasi Publik

Regulasi

Whistleblowing System

Agenda Bawaslu

Waktu:
Jumat, 01 Maret 2019
Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manuasi
Waktu:
Jumat, 01 Maret 2019
Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia
Waktu:
Jumat, 01 Maret 2019
Peningkatan Sumber Daya Manusia Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Selayar di Rayhan Square Hotel
Waktu:
Kamis, 28 Februari 2019
Pembinaan SDM, Pengawasan dan Kesekretariatan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Kepulauan Selayar di Rayhan Square Hotel

Video Bawaslu